top of page
Search
  • Writer's picturenanda indriana

Menghadirkan alam ke dalam Rumah


Pernahkah anda mendengar tentang istilah biophilia? Biophilia adalah kebutuhan manusia untuk selalu dekat pada alam, sebuah kebutuhan naluriah yang menarik kita untuk ingin selalu berada di sekitar makhluk hidup dan dunia alami.


Lalu bagaimana kita mendapatkan pengalaman alam dalam dunia kita yang modern dan berteknologi tinggi seperti saat ini?


Tubuh kita tau bahwa kedekatan dengan alam membawa banyak manfaat dan sebenarnya merupakan kebutuhan mendasar untuk kesehatan kita. Manfaat ini bisa kita rasakan secara menyeluruh kalau kita ada di luar ruangan, namun bagaimana bila kita ada di daalm rumah? Membawa alam ke dalam ruangan dapat memberikan manfaat yang besar pada perasaan kita.


Berikut beberapa cara mudah yang bisa dicoba untuk membawa alam ke dalam hunian kita:


1. Tanaman

Salah satu dari banyak keindahan dari tanaman adalah bahwa anda bisa menempatkannya dimana-mana, entah itu kamar, rumah, tempat kerja ataupun di kelas. Tidak hanya menyegarkan mata, tanaman juga memberikan bonus dengan memperbaiki kualitas udara dengan menyerap polusi. Anda tidak perlu rumah yang penuh dengan penghijauan, beberapa tanaman saja di tiap ruangan dapat meningkatkan kesehatan, kalau tidah muat di ruangan bisa juga digantung di dinding.


Bunga, atau tanaman hias cukup muat di pot kecil. Coba juga tanaman herba seperti rosemary atau kemangi, bahkan sayuran kecil. Untuk memurnikan udara bisa dengan pakis, areca ataupun bambu mini.

Jadikan kegiatan menyiram tanaman dan memangkas menjadi pekerjaan rumah sehari hari. Merawat tumbuhan dan menyaksikannya tumbuh akan meningkatkan kualitas kehidupan anda.


2. Furnitur

Membawa alam ke ruangan juga bisa dilakukan dengan memilih bahan alami untuk furniture di rumah. Material alami membawa tekstur dan variasi pola yang kita rasakan di alam. Material seperti bambu, rotan dan kayu punya sensasi alami dan menghadirkan rasa hangat dan hidup pada ruangan.


3. Tekstur dan warna

Adakah yang lebih menenangkan dari warna yang dapat kita temukan di alam? Jika anda suka nuansa matahari terbenam cobalah palet warna seperti jingga, pink cerah, ungu ataupun kuning. Sementara jika anda suka suasana hutan cobalah palet warna antara coklat dan hijau. Coba juga hiasan dinding atau gambar dengan nuansa botani, bisa juga pengaplikasiannya kita berikan sedikit pada sofa atau corak bantal.

Untuk pilihan tekstur, cobalah bentuk tegel heksagon yang mirip seperti sarang lebah, atau karpet berwarna hijau lumut. Anda juga dapat memilih bahan linen, katun ataupun wool, utnuk pilihan tekstil pada rumah.


4. Udara

Udara yang kita hirup begitu penting bagi kesehatan kita, maka rumah perlu memberikan kita udara dan cahaya yang cukup. Bila memungkinkan, bukalah jendela secara rutin sehingga banyak kesempatan untuk kita mendengarkan suara angina, hujan, burung serta serangga di luar rumah. Jendela adalah penghubung kita dengan cuaca, musim dan dunia luar.

Tentunya lilin dan minyak esensial adalah cara yang juga menyenangkan untuk membawa aroma alam. Cobalah eucalyptus, rosemary, mint, atau lavender.


5. Cahaya

Seperti halnya tanaman, manusia butuh banyak cahaya alami untuk bertahan hidup dan merasa nyaman.

Kita perlu pencahayaan dan penghawaan yang baik, pastikan agar jendela tidak menghalangi cahaya, anda bisa juga menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya.


6. Garis.

Cobalah untuk bermain dengan garis yang lembut dan melengkkung secara alami, seperti yang kita ketahui, kebanyakan bangunan biasanya didominasi oleh garis lurus dan kaku. Dalam memilih furnutur atau aksesori rumah pilihlah yang memiliki bentuk lengkung seperti sofa, meja bulat ataupun tegel dengan bentuk bergelombang.


7. Membawa elemen

Api, air, tanah. Menambahkan elemen dasar pada kehidupan anda sehari-hari dapat membantu anda terhubung dengn alam. Cobalah menyalakan lilin di kamar atau ruanng tamu, air terjun kecil, menambahkan vas berbahan tanah liat atau kerikil akan menjadi penambah elemen alam di rumah

Menambahkan elemen-elemen dari alam pada hunian akan banyak membantu kita untuk meningkatkan suasana hati dan menghubungkan kita ke dalam tempat kita tinggal



211 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page